REVIEW FRAMEWORK DAN CMS

Artikel kali ini akan sedikit mengupas mengenai Framework dan CMS (Content Management System) yang sering digunakan dalam membangun sebuah website
Framework atau CMS?
Ada banyak artikel yang berbicara tentang Framework dan sistem CMS. Apa yang harus dipilih? Mana yang terbaik?

Namun saya ingin menulis sebuah artikel dari perspektif yang sama sekali berbeda. Pertama-tama saya ingin memastikan bahwa pengembang dan pelanggan memahami perbedaan antara istilah "CMS" dan "Framework" saat ini.

Beberapa teori pertama

Ketika kita menggunakan istilah "Framework" kita lebih sering berbicara tentang Framework aplikasi Web. Sebuah Framework aplikasi web hanya didasarkan pada coding. Jika Anda seorang programmer atau pengembang web yang mencintai coding Anda sering memilih Framework aplikasi web untuk proyek-proyek Anda.
Sebuah CMS adalah sebuah kerangka kerja manajemen konten dan didasarkan pada modul daripada kode. Siapapun dapat menangani CMS karena tidak memerlukan pengetahuan coding. Tentu saja programmer juga dapat memilih CMS karena mereka dapat melakukan pekerjaan mereka lebih cepat.

Teori kedua :

Framework
Sebuah kerangka aplikasi web hanya didasarkan pada coding. Jika Anda seorang programmer atau pengembang web yang mencintai coding Anda sering memilih kerangka aplikasi web untuk proyek-proyek Anda.

CMS
Sebuah CMS adalah sebuah kerangka kerja manajemen konten dan didasarkan pada modul daripada kode. Siapapun dapat menangani CMS karena tidak memerlukan pengetahuan coding. Tentu saja programmer juga dapat memilih CMS karena mereka dapat melakukan pekerjaan mereka lebih cepat.

Ada banyak perkelahian ...
Ada banyak kesalahpahaman tentang apa Framework dan apa CMS dapat dilakukan. Banyak penggemar yang menggunakan CMS mereka mengatakan bahwa "Kita bisa melakukan segala sesuatu dengan CMS" dan para penggemar Framework yang "Tidak bisa kita melakukan segala sesuatu dengan Framework" dan seterusnya ... Sebagai penggemar Framework tentu saja aku akan memiliki pendapat yang sama tetapi sebenarnya hal ini tidak benar! Yang benar adalah bahwa ketika kita menggunakan basis yang sama (PHP, RoR, python ,. NET ... dll), kita semua dapat melakukan segala sesuatu (baik hampir semuanya, tapi masih). Bahkan mitos bahwa CMS tidak menggunakan struktur yang baik bukan kebenaran. Misalnya Drupal 8 didasarkan pada kerangka Symfony, yang berorientasi objek kerangka aplikasi web yang sangat baik.
Jadi apa yang harus saya pilih?
Saat ini CMS lebih populer daripada Framework aplikasi Web seperti itu sangat mudah untuk menggunakannya. Bahkan jika Anda tidak memiliki pengetahuan pemrograman Anda dapat menginstal dan membuat website seluruh hanya dengan CMS. Jadi apa yang harus dipilih?

Bagaimana CMS?
Di sisi lain itu tidak begitu buruk untuk mengetahui program dan juga menjadi "orang CMS". Berpikir buruk tentang hal itu adalah bahwa mereka banyak "orang CMS" yang tidak memiliki pengetahuan pemrograman dan berpikir bahwa mereka bisa melakukan segala sesuatu dengan CMS. Ini juga mitos! Ketika saya berbicara sebelum itu dengan CMS Anda dapat melakukan segala sesuatu seperti yang Anda memiliki dasar yang sama juga tergantung jika Anda memiliki beberapa keterampilan pemrograman dasar saja. Jika tidak maka Anda dapat melakukan segala sesuatu sejauh programmer / developer web membiarkan Anda memilikinya. Jadi pendapat saya adalah bahwa jika Anda adalah seorang "pria CMS" dan Anda tidak memiliki pengetahuan pemrograman itu baik untuk mulai belajar beberapa hal dasar dan mencoba untuk membuat plugin kustom Anda untuk CMS dari awal.

Dan akhirnya kesimpulan ...
Jadi sebagai kesimpulan saya harus mengatakan bahwa itu selalu tergantung dari apa yang ingin Anda lakukan dan berapa banyak waktu yang Anda harus berurusan dengan itu. Saya percaya bahwa setiap alat yang membangun untuk alasan sehingga banyak alat yang Anda tahu (Framework atau CMS), sehingga fleksibel Anda sebagai pengembang profesional. Sehingga tidak layak untuk menjadi CMS atau penggemar Framework. Hanya memilih alat terbaik untuk situasi Anda dan hanya itu.

Beberapa contoh framework PHP yang sering digunakan :
1. CakePHP
2. CodeIgniter
3. Kohana
4. Yii Framework
5. Zend Framework
6. Laravel
7. Dan sebagainya
CMS
Pada saat ini, ada sekitar 42 CMS yang tersedia untuk pengembangan website.
CMS sendiri merupakan perkembangan dari Framework
CMS telah berkembang sejak tahun 1997, Pembangunan TYPO3 yang dimulai dari awal oleh Kasper Skårhøj pada tahun 1997 dan selesai tahun 1999 menjadi sebuah CMS open source.
Berdasarkan data dari www.w3techs.com , berikut daftar CMS yang paling banyak digunakan :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmRDDN31Rg4KqHvkMRs77wMvHNi6ZD4zQ-swOXUS1awQRU-WnOwJ5RynWXpoxMy9WLHISDiUDYz-mXgS5fPu1EEicK9KYGlY5cl5BS7CtnyTWkXDxzD9pKXLkNHO9C82eiIC9-8JTGm8U1/s1600/popular-cms-deployed-on-the-web-facts-stats-figures-percentage.png
Dan dibawah adalah salah satu contoh flowchart pengambilan keputusan untuk menentukan pilihan CMS yang akan digunakan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJr_YP4UnqfciKcXNAZKkhrWyzek5yOTFEVQd2F_R0tlKTt9AnojO3owEgBJna2D2n1TKN1wHUglBmtjd1WT7EcvZMwNU0ShIKsxVojjLZd8PhTk38DCQxCJh7g_k_nfY1HFsW5HYB6J07/s1600/Capture.JPG



0 komentar:

Posting Komentar

 

Twitter Updates

Flag Counter

GLOBE